Drama Korea 49 Days Yang Rapi

Sumber Foto: twitternya @kdramaquotes

Sumber Foto: twitternya @kdramaquotes

Beberapa hari lalu saya habis menyaksikkan drama Korea yang berjudul 49 Days. Serial ini seluruhnya saya tonton di RTV. Jujur, drama Korea ini unik dan rapi. Menceritakan Ji-Hyun (Nam Gyu-Ri) gadis muda ceria yang kaya raya yang mengalami kecelakaan dari buntut kecelakaan beruntun yang terjadi sebelumnya yang dikarenakan oleh aksi bunuh diri yang gagal dari Yi-Kyung (Lee Yo-Won), gadis muda yang putus asa atas hidupya yang menyedihkan. Ji Hyun pun mengalami koma, tapi roh Ji Hyun berkeliaran. Ia berjumpa dengan Scheduler (Jung Il Woo) – sejenis malaikat maut. Sang malaikat maut itu pun menjelaskan ada Ji Hyun atas apa yang terjadi padanya. Katanya, Ji Hyun bisa hidup kembali atau bangun dari koma setelah mendapatkan tiga tetes air mata murni dari orang orang yang menyayanginya, selain orangtua dan saudara. Ji Hyun pun bisa berusaha mencari tiga tetes air mata itu dengan merasuki tubuh Yi Kyung, yang mana gadis yang mengakibatkan kecelakaan yang menimpanya.

Saat merasuki Yi Kyung, Ji Hyun mulai bekerja di restoran Han Kang (Jo Hyeon-jae) teman lama Ji Hyun. Selain itu, Ji Hyun harus menelan pil pahit dengan mengetahui kenyataan bahwa tunangannya Min-Ho (Bae Soo-bin) berselingkuh dengan sahabatnya Shin In Jung (Seo Ji Hye). Bukan hanya itu, ia juga mendapati bahwa ternyata Min Ho dan Sin In Jung telah menjalin kasih sebelum Min Ho mengenalnya. In Jung meminta Min Ho untuk mendekati Ji Hyun untuk mengeruk semua hartanya dan membuat perusahaan ayah Ji Hyun bangkrut karena merasa iri atas keluguan dan hidup Ji Hyun sempurna. Dalam diri Yi Kyung, Ji Hyun malah bisa menarik hati Min Ho. Min Ho pun tak bisa menguasai hatinya dan pada akhirnya ia meninggalkan In Jung demi Ji Hyun dalam diri Yi Kyung.

Sumber Foto: ilhuna.blogspot.com

Sumber Foto: ilhuna.blogspot.com

Di sisi lain, Han Kang yang sejak lama mencintai Ji Hyun mulai menyadari bahwa Yi Kyung itu adalah Ji Hyun. Semuanya terbukti jelas dengan penyeldikan Han Kang. Lambat laun In Jung dan Min Ho pun juga menyadari bahwa Yi Kyung itu adalah Ji Hyun. Ada episode penghabisan, perusahaan ayah Ji Hyun tidak jadi bangkrut setelah ditutup oleh tanah Ji Hyun dan pinjaman uang dari ayah Han Kang. Min Ho pun akhirnya ditangkap oleh polisi pada kasus tersebut. Ji Hyun yang awlanya pasrah karena hanya mendapatkan tetes air mata ketulusan dari Han Kang saat hendak dijemput malaikat maut tiba tiba mendaat dua tetes air mata lain, yaitu dari temannya Park Seo Woo (Bae Geu Rin) dan In Jung yang menyesal. Ji Hyun pun sadar dari komanya. Di lain pihak, Yi Kyung yang frustasi akan hidunya mulai semangat kembali saat kekasihnya Yi Soo yang meninggal lima tahun silam datang dan mengucapkan semua hal yang belum sempat diucapkannya. Yi Soo dapat berjumpa kembali dengan Yi Kyung setelah bekerja selama lima tahun menjadi malaikat maut. Di akhir cerita, Ji Hyun diberitahu Yi Soo bahwa Yi Soo akan menjemputnya sebagai malaikat maut dalam waktu enam hari lagi. Akhirnya Ji Hyun meninggal, dan Yi Soo pergi selamanya setelah mengucap perisahan pada Yi Kyung. Setelah semuanya usai, fakta lain dari Yi Kyung adalah ternyata Yi Kyung adalah kakak kandung Ji Hyun yang hilang pada saat masih kecil di stasiun.

Bagi saya serial ini bagus. Mungkin kalau tidak mengikuti dari awal cukup mengherankan soal malaikat maut, roh yang berkeliaran, dan segala hal dalam cerita. Tapi kalau menonton dari episode pertama, serial ini keren dan sangat rapi. Tokoh Yi Kyung benar benar tokoh yang keren, dia bisa memerankan tokoh Yi Kyung asli dengan muram dan tatapan datar, ia juga amat baik memerankan tokoh Sin Ji Hyun dengan keceriaan yang benar benar dimiliki oleh Ji Hyun. Melalui tatapan Yi Kyung, Ji Hyun bisa menyampaikan semua kemarahannya ada Min Ho. Dan lebih jelas lagi saat Min Ho menatap tatapan Yi Kyung yang mana tatapan Yi Kyung benar benar menyatu dengan tatapan Ji Hyun saat muak dengan Min Ho. Tokoh Yi Kyung ini benar benar juaranya dalam serial ini. Meski satu tubuh, tapi dua karakter yang berbeda sangat nyata, dan bisa menyatu pada saat menemui sosok Min Ho. Kemarahan Ji Hyun yang bisa dirasakan Yi Kyung dari tatapan mata yang menusuk.

Sumber Foto: Youtube.com

Sumber Foto: Youtube.com

Dari Wikipedia, serial ini diilhami oleh kepercayaan Shamanisme Korea dengan konsep roh yang berkeliaran selama 49 hari. Serial ini juga diilhami oleh kepercayaan agama Buddha yang berkaitan dengan reinkarnasi. Pernah Ji Hyun bertanya terkait jenis kelamin Scheduler, sang malaikat maut menjawab bahwa diskriminasi tersebut tidak dipraktekkan di dunia roh (konsep Galatia 3:28). Secara penjabaran ide cerita menurut saya sangat rapi dan bisa dibilang masuk akal. Semua dijabarkan secara apik. Plot yang dibangun juga amat rapi.Hanya saja saya agak merasa kurang sreg saat melihat kenyataan kenyataan di akhir cerita yang terasa tidak dipancing sejak awal, seperti ternyata Yi Kyung kakak kandung Ji Hyun, meski di awal ada kisah bahwa Yi Kyung di buang ibunya saat masih kecil. Tapi dari semuanya, saya merasa serial ini digarap dengan amat detail, rapi, apik. Meski terkesan tidak masuk akal, semuanya menjadi masuk akal saat menyaksikkannya dari episode awal hingga akhir. Serial ini recommended sekali. Satu hal yang sepertinya ingin ditunjukkan dalam serial ini, yaitu sebuah ketulusan yang benar benar tulus. Ji Hyun yang ceria, suka membantu, tulus saja kesulitan mendaatkan air mata ketulusan, apalagi kalau melakukan sesuatu untuk orang lain mengharap pamrih. Heuheuheu. Over all, serial ini cukup bagus untuk memahami makna ketulusan yang murni. Serial yang layak disaksikkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s